Saturday, January 28, 2017

Cara menghapus UV Mapping di Blender 3D

Cara menghapus UV Mapping di Blender 3D

Cara menghapus UV Mapping di Blender 3D

Apa kabar semuanya, saya kembali lagi nih untuk memberikan informasi tentang tutorial Blender 3D. Kemarin saya membahas tentang Tutorial UV Mapping di Blender 3D, sekarang saya ingin lagi menambahkan beberapa hal yang perlu Anda ketahui, dalam pembahasan tutorial ini saya masih membahas seputar UV Mapping di Blender 3D, saya kali ini akan membahas tentang tutorial seputar teknik UV Mapping di Blender 3D yaitu bagaimana Cara menghapus UV Mapping di Blender 3D.

Menghapus UV Mapping di Blender 3D merupakan hal yang mudah dan cukup sederhana untuk dilakukan oleh pemula Blender 3D, dan mudah untuk di-ikuti oleh para pemula pada tutorial ini. Tetapi banyak orang, mungkin termasuk mungkin saja Anda yang masih bingung dan masih belum mengerti tentang cara mengapusnya. Untuk itu mari kita simak tutorial ini untuk menambah pengetahuan tentang Blender 3D-nya.

Saran Artikel : Tutorial texture paint di Blender Cycles


Sebelum membahas tutorial ini, perlu anda ketahui tentang penggunaan UV Mapping di Blender Cycles maupun di Blender Internal, karena kedua tipe jenis Blender tersebut berbeda, atau UV Mapping di Blender Cycles berbeda dengan UV Mapping di Blender Internal, perbedaan dapat diketahui dengan cara memasangnya dan cara penerapannya. Dapat Anda ketahui disini

Langkah-langkah menghapus UV Mapping di Blender Cycles.

Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah untuk menghapus UV Mapping di Blender 3D, tutorial ini dapat diterapkan kepada semua jenis Blender 3D, baik itu Blender Cycles maupun Blender Internal. Baiklah ikutilah beberapa langkah berikut ini.
Pertama buka aplikasi Blender 3D, setelah itu pindahlah ke mode Blender Cycles atau tetap saja dengan mode Blender Internal. Setelah itu hapus cube, atau objek mesh kubus diganti dengan UV Sphere. 
Untuk pemilihan objek mesh boleh bebas karena tidak penting. Anda juga boleh menggunakan proyek lama untuk mengikuti tutorial ini. 
Kemudian, pergilah ke Tabs Data yang terletak di Sidebar kanan jendela Blender Anda. Kemudian setelah Anda berada di Tabs Data, klik bagian dengan nama UV Maps, disana akan terlihat tekstur UV Map yang anda gunakan dalam material pada objek mesh tersebut. Untuk menghilangkan UV Mapping mudah saja hanya dengan menekan tombol minus yang terletak dibawah tanda plus atau tombol tambah. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. 

 Bagian-bagian tutorial menghapus UV Mapping di Blender 3D
Setelah itu, coba Anda memeriksanya dengan menekan tombol F12 atau dengan cara merender, atau juga bisa dengan pindah ke Viewport Texture, Viewport Material dan Viewport Rendered yang berada di bagian bawah 3D view.
Sekian informasi Cara menghapus UV Mapping di Blender 3D yang dapat saya berikan untuk berbagi dan menambah wawasan kepada Anda, semoga dengan tutorial ini dapat memberikan manfaat kepada Anda untuk menambah ilmu lagi tentang UV Mapping di Blender 3D. Untuk itu jika ada yang kurang paham mungkin masih ada tutorial yang belum jelas, silahkan sampaikan tanggapan Anda dibawah tepatnya dikolom komentar. Sekian informasi tutorial dari saya, Wassalamu’alaikum wr. wb.


Next Post Older Post