Wednesday, December 28, 2016

Nodes material cat mobil di Blender cycles

Nodes material cat mobil di Blender cycles

Nodes material cat mobil di Blender cycles

Pada blender cycles kita dapat membuat warna material yang lebih baik dari pada blender internal. Salah satunya adalah warna material cat mobil atau car paint pada blender cycles. Saya lebih suka bermain atau menciptakan jenis warna material dari blender cycles dari pada blender internal. Sebagai contohnya gambar dibawah ini dengan menggunakan warna material mobil atau car paint di blender cycles.


Langkah pertama untuk membuatnya

Pada tutorial kali ini saya menggunakan UV Sphere, untuk itu anda harus mengapus objek Cube atau kotak yang secara otomatis menjadi start up model blender. Anda dapat menghapus objek itu dengan menekan tombol X setelah itu tekan kombinasi tombol SHIFT + A setelah itu cari UV Sphere yang berlokasi di opsi Mesh.

Membuat warna cat material mobil

Untuk membuat warna material mobil atau car paint di blender cycles, anda sebaiknya memulai dengan material Glossy BSDF dengan Mix shader dan Difusse BSDF. Untuk mencarinya, anda dapat menekan SHIFT + A kemudian pilih dan arahkan ke Shader lalu carilah material tersebut, atau dengan opsi Search lalu carilah shader tersebut. Untuk struktur nodesnya sebagai berikut. Pada nodes multiply sebenarnya bernama MixRGB.


Mulailah Render

Setelah anda mengurutkan nodes tersebut, langkah selanjutnya adalah tahap merender dari tahap ini anda dapat mengatur ukuran kamera, memperbanyak samples untuk menjernihkan hasil render, menggunakan render Progressive refine, dan hal lainnya untuk memperbagus atau mempercantik hasil rendernya. Lihat caranya.

Menggunakan Compositing

Untuk menciptakan hasil render yang lebih bagus tentunya anda menginginkannya untuk memperindah dan menambah kepuasan dan kekaguman yang melihatnya bukan?. Untuk itu anda harus menggunakan teknik compositing. Pada pembuatan warna cat material mobil ini saya menggunakan beberapa compositing yang sederhana untuk mempermudah anda untuk memahaminya. Sebagai berikut struktu urutan nodes compositing.


Pengaturan Cahaya

Pada proyek ini, saya menambah dan mengatur pencahayan dengan menggunakan lamp dan ditambah oleh plane dengan material emission untuk pengalihan pencahayaan. World juga mempengaruhi keindahan dalam proyek anda, untuk itu aturlah semua itu dengan benar supaya menambah keindahan.

Selesai, untuk anda yang sangat memperhatikan akan berhasil untuk melihat hasil yang memuaskan. Jika kalian mengalami masalah atau kesulitan bisa memberikan komentar dibawah tepatnya dikolom komentar, mau dimana lagi coba, jika tidak dikolom komentar.
Baiklah sekian tutorial kali ini. Wassalamu’alaikum wr. wb.



Next Post Older Post