Tips Jitu Mengoptimalkan dan mempercepat render Blender 3d
Halo kali ini saya akan berbagi tips lagi nih buat kamu yang pecinta dan belajar software blender 3d. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengoptimalkan atau memercepat proses render dan memilih tipe render yang bagus untuk mempermudah kamu dalam melihat hasil render dari blender 3d tutorial ini khusus untuk Blender Cycles.
Jika kamu ingin melihat hasil render secara keseluruhan secara cepat tanpa menunggu tiles maka kamu dapat memilih render dengan tipe render Progressive Refine seperti di gambar bawah ini dengan blok biru yang terdapat dalam Tabs Render dan didalam Menu Performance
Mengapa memilih Render Progressive Refine ?
Menurut saya dengan memilih jenis render ini saya dapat melihat secara keseluruhan secara langsung tanpa adanya kotak-kotak pemakan render atau tiles-tiles seperti gambar dibawah ini. Pada gambar tersebut anda dapat melihat bahwa ada tiles-tiles untuk menyelesaikan rendernya dengan satu demi satu atau satu persatu untuk melihat gambar secara keseluruhan.
Kenapa apakah itu adalah masalah ?
Bukan, tetapi jika kita akan merender sesuatu karya kita merasa ingin sekali untuk melihat gambar diposisi yang dikiri atas dan kiri bawah secara bersamaan apakah hasil dirender itu bagus sedangkan waktu untuk satu tiles lama. Maka itulah yang menyebabkan kita menunggu lama untuk sekedar melihat objek tertentu saja tetapi dalam waktu yang lama setelah itu di-cancel maka apakah tidak memakan boros waktu.
Berikut ini adalah keunggulan dan maka ada pula-lah kelemahannya Proses render progressive refine
Cuma itu dari beberapa eksperimen saya tentang tipe render progressive refine.
Cukup sekian infonya, jika ada yang ingin berkomentar atau bertanya silahkan mas dan mbak kami persilahkan
Wassalamu’alaikum wr. wb.
Jika kamu ingin melihat hasil render secara keseluruhan secara cepat tanpa menunggu tiles maka kamu dapat memilih render dengan tipe render Progressive Refine seperti di gambar bawah ini dengan blok biru yang terdapat dalam Tabs Render dan didalam Menu Performance
Mengapa memilih Render Progressive Refine ?
Menurut saya dengan memilih jenis render ini saya dapat melihat secara keseluruhan secara langsung tanpa adanya kotak-kotak pemakan render atau tiles-tiles seperti gambar dibawah ini. Pada gambar tersebut anda dapat melihat bahwa ada tiles-tiles untuk menyelesaikan rendernya dengan satu demi satu atau satu persatu untuk melihat gambar secara keseluruhan.
Kenapa apakah itu adalah masalah ?
Bukan, tetapi jika kita akan merender sesuatu karya kita merasa ingin sekali untuk melihat gambar diposisi yang dikiri atas dan kiri bawah secara bersamaan apakah hasil dirender itu bagus sedangkan waktu untuk satu tiles lama. Maka itulah yang menyebabkan kita menunggu lama untuk sekedar melihat objek tertentu saja tetapi dalam waktu yang lama setelah itu di-cancel maka apakah tidak memakan boros waktu.
Berikut ini adalah keunggulan dan maka ada pula-lah kelemahannya Proses render progressive refine
Keunggulan
- Dapat melihat objek secara keseluruhan dalam satu waktu
- Dapat membantu kita ketika material objek tidak pas
- Membantu kita memperbaiki tampilan di render dari objek mode
- Tidak terdapat tiles-tiles yang memakan satu demi satu render
- Dapat melihat objek secara keseluruhan dalam satu waktu
- Dapat membantu kita ketika material objek tidak pas
- Membantu kita memperbaiki tampilan di render dari objek mode
- Tidak terdapat tiles-tiles yang memakan satu demi satu render
Kelemahan
- Waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama dari tipe render biasa, paling hanya beberapa menit
- Ketika persiapan render sedikit tersendat
- Ketika kita men-cancel render sedikit tersendat
- Waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama dari tipe render biasa, paling hanya beberapa menit
- Ketika persiapan render sedikit tersendat
- Ketika kita men-cancel render sedikit tersendat
Cuma itu dari beberapa eksperimen saya tentang tipe render progressive refine.
Cukup sekian infonya, jika ada yang ingin berkomentar atau bertanya silahkan mas dan mbak kami persilahkan
Wassalamu’alaikum wr. wb.
December 15, 2016
Next Post | Older Post |
---|