Sunday, June 4, 2017

Menampilkan Aktivitas Mouse dan Keyboard di Blender 3D

Menampilkan Aktivitas Mouse dan Keyboard di Blender 3D

Menampilkan Aktivitas Mouse dan Keyboard di Blender 3D

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah informasi yang semoga dapat berguna bagi Anda pengguna Blender 3D. Mungkin Anda pernah melihat sebuah tutorial di Youtube yang di dalam tutorial tersebut ada sebuah objek yang berfungsi sebagai penampil aktivitas mouse dengan keyboard dilayar 3D View atau monitor. Tentu saja, saya akan memberi sebuah informasi untuk bagaimana cara memasang atau memakai objek tersebut, tetapi sudahkah Anda tahu apakah nama objek tersebut ?, sebenarnya objek tersebut adalah suatu Addon Blender 3D yang harus diunduh sendiri, nama addon itu adalah Screencast Keys. Berikut adalah cara menampilkan dan memakainya.

Seperti inilah tampilan dari addon Screencast Keys yang Anda maksud, saya menghilangkan ikon mouse untuk membuat tampilannya lebih elegan lagi.



Unduh Screencast Keys.

Untuk dapat mengunduh addon ini cobalah gunakan keyword Screencast Keys Blender 3D dipencarian Google. Setelah itu cobalah situs yang paling atas biasanya dari Wiki Blender. Setelah itu download addon-nya. Perhatikan gambar di bawah ini.



Klik link yang sudah saya tandai dengan kotak biru, setelah itu tampil sebuah teks, kemudian simpan kode tersebut dan simpanlah ditempat sesuka Anda.

Memasang Screencast Keys.

Untuk memasang addon ini sama saja dengan pemasangan addon lainnya, yaitu dengan jalan File > User Preferences > Add-ons kemudian Install from File, cari lokasi addon Screencast yang sudah Anda download tadi kemudian tekan Install from File. Kini addon Screencast Keys sudah berhasil ditambahkan di Blender 3D milik Anda, sekarang bagaimana cara untuk memakai atau menjalankannya ?.

Memakai Screencast Keys.

Setelah Anda memasang addon Screencast Keys yang sudah Anda unduh dari internet, kemudian sekarang cara memakainya. Untuk memakai addon ini cukup tekan kombinasi tombol Shift+Alt+C atau melalui panel tombol N kemudian cari opsi Screencast Keys, setelah itu klik tombol Start Display. Disana ada beberapa menu yang dapat Anda cobanya sendiri, lakukanlah sebuah eksperimen.

Itulah informasi yang dapat saya bagikan kepada Anda, semoga dapat bermanfaat ya, jika Anda mengalami masalah ataupun kesulitan Anda dapat langsung bertanya melalui kotak komentar yang sudah saya sediakan, pilihlah opsi Anonymous untuk yang tidak punya akun Gmail. Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, Wassalamu’alaikum wr. wb.


Next Post Older Post