Saturday, December 10, 2016

Membuat Defocus dan Rendered Blur Blender Tutorial

Membuat Defocus dan Rendered Blur Blender Tutorial

Membuat Defocus dan Rendered Blur Blender Tutorial



Pada tutorial kali ini saya akan berbagi tentang ilmu blender internal dan blender cycles, tutorial ini kita akan membahas tentang membuat defocus atau gambar fokus ke object tertentu pada blender 3d atau membuat blur pada hasil render dengan object tertentu sebagai titik fokusnya. Tutorial ini telah langsung kebahasan utamanya tanpa membuat modelling objek dahulu.

Defocus lewat Camera

Pertama pergi ke-tabs Camera, pada tabs camera terdapat Dropdown display, klik button tersebut lulu centanglah checkbox “Limits” hal ini berguna untuk membantu untuk melancarkan proses defocus saat di render. Setelah itu pada opsi Depth of Field anda harus mengisi bagian Focus dengan object yang akan di fokus-kan, kemudian atur Size dan Ratio serta
atur F-stop untuk jangkauan yang akan di buyarkan.


Setelah mengikuti langkah tersebut maka cobalah untuk me-Render hasil belajar anda. Jika anda mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar maka akan diperoleh hasil dari proses Defocus tersebut. Jika tidak tampil atau salah dalam pem-fokusan object anda harus cek kembali dan bereksperimen sendiri.

Defocus Lewat Compositing dengan Blur

Berikut proses Defocus lewat nodes Compositing. Alangkah baiknya anda pergi dahulu ke-Tabs Layer. Seperti gambar dibawah ini anda harus mencentang Object Index saja, jika perlu dengan Material Index


Jika sudah mencentang pilihan tadi, selanjutnya anda pergi ke-Tabs Object dan pastikan anda menyeleksi object yang akan di-Blurkan atau dibuyarkan. Beri nilai pada opsi Pass Index menjadi 1 (satu). Ini berarti Pada object ini merupakan bagian Pass Index 1


Seterusnya pergi ke Nodes Editor dan beralih ke Layers Compositing lihatlah gambar di bawah. Anda dapat menghapus Viewer atau biarkan saja karena Viewer berfungsi untuk langsung melihat hasil compositing di latar belakang area nodes compositing.



Anda boleh mencontoh referensi Nodes diatas  atau anda dapat mengutak-atiknya sendiri. Blur nodes berfungsi untuk menghaluskan tampilan object defocus.
Terlihat oleh anda terdapat ID Mask ini berfungsi untuk obect yang dikhususkan dengan Index artinya hanyalah object atau material yang mempunyai nilai index itu yang terlihat hasilnya sementara object atau material lainnya tidak terkena.

Hasilnya
Jika anda sudah siap compositingnya tinggal render saja


Terima kasih untuk menyimak atau sekedar melihat gambarnya saja. Saya berharap anda dapat paham dan lancar ya dalam belajar. Ada masalah dalam pembuatan ini silahkan tinggalkan sebuah komentar


Next Post Older Post