Saturday, June 10, 2017

Tutorial Membuat Lava di Blender 3D

Tutorial Membuat Lava di Blender 3D

Tutorial Membuat Lava di Blender 3D

Untuk membuat material yang baik dan bagus, kita harus banyak berlatih cara membuat sebuah material yang lebih realistis. Material yang realistis membutuhkan beberapa teknik khusus dalam pembuatannya. Sebuah material yang realistis dapat menggunakan tekstur tambahan, seperti tekstur Bump Map, Specular Map, dan Normal Map yang dirangkai sedemikian rupa seperti tutorial kali ini.
Tutorial ini sama halnya dengan penerapan Bump Maps di Blender 3D.



Pada kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang berhubungan dengan material realistis. Lava! kali ini saya eksperimen tentang material pada tanah yang ber-lava. Saya menggunakan Blender Cycles pada tutorial kali ini.

Langkah untuk membuatnya

Sebelum Anda mengikuti tutorial ini lebih baiknya Anda memiliki beberapa jenis tekstur untuk satu gambar tekstur. Seperti Bump Map, Specular Map, Displacement Map dan Emission Map. Untuk tekstur Emission lebih terlihat seperti Specular Map yang memiliki level lebih tinggi. Untuk itu saya sudah menyiapkan berbagai jenis tekstur yang Anda butuhkan.

Klik untuk mengunduh gambarnya Tekstur Asli, Bump Map, Displacement Map, Emission Map dan Specular Map.

Untuk material lava, saya akan memulai tutorial ini dengan Uv Sphere atau objek bulat. Untuk Objeknya sesuka atau sesuai keinginan Anda, yang terpenting adalah gampang untuk melakukan UV Mapping diobjek tersebut. Setelah menambahkan objeknya lalu perhaluslah objek tersebut menggunakan Smooth dan juga Subdivision Surface untuk membuatnya lebih halus lagi.



Untuk menambahkan material pada objeknya, gunakan Node Editor yang berfungsi untuk memodifikasi node lebih lanjut. Pastikan rangkaian node Anda benar dari penerapan teksturnya, jika keliru akan lain hasilnya, jadi telitilah gan untuk hasil yang sesuai dengan tutorial. Sebagai referensinya Anda dapat merangkai node seperti gambar di bawah ini.



Pastikan pengaturan node tidak salah, untuk Bump Node atur Strength menjadi 1.000 dan Distance menjadi 0.100. Pada Emission Node atur Strength menjadi 7.000, boleh diatur sendiri buat eksperimen. Setelah merangkai node, selanjutnya mengatur UV Mapping.

Untuk objek UV Sphere kalau kita ingin terapkan tekstur gunakan opsi Sphere Projection, yaitu dengan cara menekan tombol U dan pilih opsi Sphere Projection, karena dapat membuat tekstur lebih teratur dan lebih rapi dibandingkan dengan opsi lainnya. Untuk menyesuaikannya lebih lanjut, Anda dapat mengatur di area UV/Image Editor.

Selesai, coba sekarang render hasilnya dan apakah masih ada yang kurang atau tidak sesuai dengan tutorial. Untuk menyempurnakannya lagi simak informasi di bawah ini.

Penyempurnaan tingkat lanjut

Untuk membuatnya lebih keren lagi, Anda harus menggunakan Displacement untuk objeknya, yaitu dengan menambahkan Modifier Displacement yang terletak di Tab Modifier. Untuk penjelasannya supaya tidak membingungkan Agan dapat menyimak gambar dibawah ini.



Gunakan tekstur tambahan Bump Displace dengan klik New lalu namai tekstur sesuka Anda, kemudian beralih ke Tab Texture, kemudian pilih dropdown Displacement Anda yang sudah Anda menamainya, terus gunakan tekstur Displacement Map. Bisa terlihat seperti gambar dibawah ini.



Kalau sudah seharusnya menyerupai objek bola di atas, yang memiliki retakan. Jika objek Anda tidak seperti pada tutorial, kemungkinan ada yang terlupakan oleh Anda, coba cek kembali.

Perlu diingat tambahkan atau perbanyaklah Subdivisions yang terdapat pada Subdivision Surface menjadi 4 atau 5, semakin banyak akan semakin detail bentuknya, tetapi akan semakin berat filenya.
Teknik pencahayaan juga penting dalam membuatnya lebih keren lagi, pelajarilah teknik pencahayaan supaya objek tambah realistis dan pengaturan gelap terangpun menjadi sempurna.

Sudah siap, coba sekali lagi render hasil dari tutorial ini. Jika yang Anda buat tidak sesuai atau tidak sama walaupun sudah diteliti lagi, boleh Anda menyampaikan keluhannya dengan berkomentar di bawah ini, dengan cara pilih opsi Anonymous untuk yang tidak punya akun apapun. Terima kasih sudah membaca atau sekedar melihat saja, kunjungi juga gan beberapa tutorial di blog ini semoga semuanya bermanfaat. Wassalamu’alaikum wr. wb.


Next Post Older Post