Sunday, January 1, 2017

Tutorial membuat roda ban di Blender 3d

Tutorial membuat roda ban di Blender 3d

Tutorial membuat roda ban di Blender 3d

Pada pembahasan kali ini saya akan menerangkan kepada kalian mengenai cara membuat ban mobil di blender 3d. Banyak orang yang ingin membuat ban mobil yang realistis tetapi gagal untuk membuatnya.

Ada pula orang yang membuat ban mobil hanya menggunakan Mesh atau object yang dikasih texture saja tanpa adanya detail dari mesh atau object tersebut, ataupun hanya ban polos saja tanpa adanya roda yang mempunyai gerigi pada permukaan objek ban tersebut.

Contoh ban 3d model Blender 3d

Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips dan info untuk membuat ban mobl yang lebih relistis dan detail pada permukaan ban atau permukaan rodanya. Pada tutorial ini memang terbilang sedikit sulit atau sedikit rumit.
Pada tutorial pembahasan ini kita memerlukan sebuah blueprint ban atau roda mobil atau gambar sketsa pola gerigi mobil, anda dapat mengambil gambarnya di Google gambar atau jika kalian bisa membuat gambar sketsanya sendiri menggunakan Adobe Photoshop atau aplikasi grafis lainnya. Tetapi jika anda belum atau tidak bisa membuat pola atau blueprint pola ban atau roda mobilnya saya sudah siapkan sebuah blueprint ban mobilnya.

Blueprint pola ban mobil

Pola atau blueprint mobil ini saya merancangnya untuk dapat membuat mudah atau mempermudah saat membuat meshnya, saya telah membuat pola mobilnya sederhana dan tidak rumit untuk mempermudah anda mempelajari atau mempraktekan tutorial ini.
Ini gambar pola ban atau roda mobilnya

Bagaimana cara memasang blueprintnya?

Lalu bagaimana cara memasang blueprint pada blender 3d untuk mencontoh polanya. Untuk memasang pola atau blueprintnya, pertama tekan tombol N pada area 3D view, setelah muncul sidebarnya kemudian cari opsi dengan nama Background Images, setelah anda menemukannya kemudian centanglah opsinya kemudian klik Add Image kemudian open. 

Cari blueprint atau gambar pola ban atau roda mobil yang sudah anda dapatkan, setelah itu tekan Enter atau klik Open Image. kemudian atur posisi dan ukuran blueprint atau gambarnya.

Kenapa Blueprint tidak muncul juga?

Untuk memunculkan gambar blueprint cukup sederhana hanya dengan menekan tombol 5 atau beralih ke pandangan User Ortho, setelah itu dalam pandangan User Ortho tekan tombol 1 3 atau 7 untuk menampilkan blueprint tersebut.

 

Penyiapan Objek atau Mesh

Siapkan objek mesh plane kemudian bentuklah sesuai pola dalam blueprint ban mobil tersebut. Sesuaikan lebar dan panjang sesuai dengan pola blueprint tersebut. Bentuklah dengan menekan tombol E untuk Extrude untuk menyesuaikan ketinggian pola atau blueprint tersebut. Untuk gambar referensinya dapat dilihat dibawah ini.

Referensi Pola ban mobil 3d

Jangan sampai pola yang anda bentuk tidak beraturan atau tidak rapi, karena dapat mengakibatkan pembentukan ban akan rusak dan tidak teratur pola permukaan bannya.

Setelah itu tambahkan sebuah Nurbs Circle, tekan SHIFT + A kemudian arahkan ke Curves kemudian pilihlah Nurbs circle. Posisikan objek pola ban anda ditengah-tengah Nurbs circle untuk membuat ban lebih responsif dan tidak amburadul dan berantakan.

Objek ban ditengah Nurbs circle

 

Penggabungan Dua Objek

Setelah itu gabunglah dua objek tersebut untuk membuat pola ban yang berbentuk melingkar. Untuk membuat ban melingkar dapat menggabungkan dengan Nurbs circle. Untuk itu pola objek ban dipilih dengan klik kanan mouse.
Kemudian pindah ke menu tabs modifier, kemudian klik Add modifier, sesuaikan beberapa bagian modifier seperti gambar dibawah ini untuk memperjelas anda.

Modifier pada Model ban mobil

Peletakan harus benar, yaitu Array diatas curves

Atur Fit Length dengan benar untuk membuat objek saling menempel secara teratur tanpa adanya perbedaan peregangan antar Array, anda dapat menyesuaikan dengan cara mengatur Length pada Array dari 0 menjadi sekitar 39.40 dan menyesuaikan dengan menekan tombol S pada area 3D view. Seperti contoh gambar dibawah ini, usahakan bagian yang saya lingkari mempunyai peregangan yang sama, tidak boleh ada yang lebih lebar atau yang lebih sempit. Kemudian tekan Apply.

Tekan Apply pada Array terlebih dahulu, kemudian disusul Curves. 

 

Penyempurnaan Model Ban

Setelah jadi kemudian Seleksi sepenuhnya atau seleksi saja yang berbentuk roda tanpa polanya. Lalu Remove doubles atau tekan W kemudian pilih Remove Doubles. Atur Remove Doubles dengan benar. Setelah itu tambahkan Subdive Surface pada objek model ban tersebut untuk membuatnya lebih bagus.

Aturlah camera atau latar belakang untuk menambah indah dalam proyek anda. Tidak lupa juga aturlah kecerahan pada cahaya lamp dan kecerahan pada World, supaya objek model dapat terlihat dengan jelas dan tidak terhalang bayangan. Setelah itu render pada blender 3d dengan menekan tombol F12 untuk merender proyek yang telah anda buat atau mungkin kita yang buat.
Selesai.

Sekian tutorial dari saya, mudah-mudahan dan semoga dapat bermanfaat untuk anda yang lagi belajar dan melihat tutorial ini. Jika ada masalah atau kesulitan dalam membuat model objek ini silahkan tinggalkan sebuah komentar untuk saya pecahkan masalahnya. Cukup sekian dari saya.
Wassalamu’alaikum wr. wb. dan terima kasih sudah membaca.


Next Post Older Post