Saturday, October 29, 2016

Cara memasang atau menempel texture di Blender cycles

Cara memasang atau menempel texture di Blender cycles

Cara memasang atau menempel texture di Blender cycles

Uv Mapping merupakan salah satu cara memberi texture pada Material di Blender Cycles
Tanpa basa-basi lagi kita mulai
1. Beralih ke Blender Cycles
    kemudian pergi ke Nodes Editor  >> Klik Use Nodes lalu Rangkailah nodes seperti berikut
Temukan entrinya dengan menekan SHIFT+A pilih search, Pilihlah salah satu gambar pada
Image Texture di Folder anda terus sambungkan dengan nodes Texture cordinate dengan UV

 

2. Tekan "U" pada keyboard pilih salah satu dari Uv Mapping penjelasan lebih lanjut ada ditutorial berikutnya. Untuk Uv mapping terdapat berbagai macam tipe yaitu Unwrap, Smart UV Project, dll seperti gambar dibawah ini. Jika anda ingin menggunakan mesh atau object uv sphere atau cylinder supaya teksturnya responsif dan bagus, anda dapat menggunakan tipe Cylinder Projection dan Sphere projection, banyak yang kebingunan ketika memberikan tekstur kepada mesh tersebut karena tidak responsif dan tidak pas.

  
  

Hasil Akhir

Untuk mengetahui apakah teknik tersebut berhasil anda dapat langsung merendernya. Pengaturan cahaya dan penerangan world juga penting untuk melihat tekstur dengan jelas dan tidak gelap, untuk itu dapat menambahkan lamp SHIFT + A kemudian pilih lamp, dan untuk pengaturan world dapat dilakukan di tab world yang mempunyai ikon dunia atau bumi. Meningkatkan samples dan resolusi juga dapat memperjelas tampilan tekstur untuk dilihat mata

Itulah tutorialnya, jika adakah saran-saran atau kritik dapat lanjutkan di komentar. Jika anda belum jelas atau belum paham dan mengerti sertakan komentar untuk saya bantu. Untuk itu jika ada perkatan salah, saya mohon maaf. Wassalamu'alaikum wr. wb



Next Post